Phone
+62 341 562870

Perkumpulan Darma Laksana

 

Perkumpulan Darma Laksana adalah sebuah perkumpulan berbadan hukum dan berkedudukan di Jalan Puncak Mandala 4-F Malang 65146 Jawa Timur.

Perkumpulan ini merupakan salah satu bentuk karya sosial – kemanusiaan dan karya karikatif, untuk membantu mewujudkan kesejahteraan sosial baik secara lahiriah dan bathiniah bagi masyarakat miskin dan terlantar, anak asuh, anak yatim piatu, kaum miskin-papa dan tak terjangkau (reach and unreach people), kaum jompo dan lanjut usia, gelandangan dan pengemis, korban bencana alam yang tidak mampu, serta kaum marginal lainnya agar mendapatkan perhatian khusus baik secara jasmani dan rohani, tanpa memandang perbedaan suku, agama dan keturunan/ras, agar mereka yang telah lanjut usia/jompo mendapatkan perawatan dan pemeliharaan penuh cinta-kasih, dan kepada anak-anak usia sekolah mendapatkan pendidikan, pembinaan, ketrampilan, bagi yang usia produktif mendapatkan pembinaan dan ketrampilan, wira usaha dan lain sebagainya yang bermanfaat untuk menunjang kehidupan mereka, dalam arti kesemuanya menjadi terpelihara baik secara jasmani dan rohani, secara mental spiritual, moral dan tingkah laku sehingga berkelakuan atau berteladan yang baik, yang berguna bagi kehidupan masing-masing, lingkungan masyarakat dan negara pada umumnya, kesemuanya semaksimal mungkin sesuai kemampuan Perkumpulan.

Perkumpulan ini berdasarkan Dasar Negara Republik Indonesia PANCASILA  dengan Dasar Konstitusional UNDANG-UNDANG DASAR 1945 (seribu sembilan ratus empat puluh lima) serta peratuan perundangan terkaitdandalam melaksanakan kegiatan pelayanan sosial – kemanusiaan senantiasa berasaskan keterbukaan/transparansi, kekeluargaan dan gotong royong serta menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance(GCG).

Adapun visi Perkumpulan ini adalah

“Menjadi Perkumpulan yang menyelenggarakan karya sosial-kemanusiaan di berbagai tempat yang bertujuan untuk kemajuan dan kesejahteraaan masyarakat miskin, kaum jompo dan lanjut usia, anak asuh, anak yatim piatu, anak miskin terlantar, korban bencana alam, gelandangan dan pengemis dan kaum marginal lainnya untuk memberikan kehidupan dan kesejahteraan yang layak secara jasmani dan rohani, dengan memberikan perawatan, pemeliharaan, pendidikan, pelatihan-pelatihan dan pembinaan agar bisa hidup mandiri dan berdayaguna.”

Sedangkan misinya adalah:

  1. “Mendirikan, menyelenggarakan dan mengelola, rumah sakit, panti jompo (panti wreda), dan peristirahatan terakhir, merawat, memberikan pengobatan, memelihara kaum jompo dan lanjut usia dalam arti seluas-luasnya ;
  2. “Mendirikan rumah sakit, klinik-klinik, panti asuhan, balai latihan kerja dan pembinaan ketrampilan, memberikan pembinaan, pendidikan formal dan non formal untuk anak asuh, anak yatim piatu, miskin terlantar dan korban bencana alam yang tidak mampu serta membina dengan memberikan ketrampilan-ketrampilan, wira usaha bagi gelandangan dan pengemis sehingga meningkat kualitas hidupnya secara jasmani dan rohani.

Adapun kegiatan yang saat ini sudah dilaksanakan oleh Perkumpulan Darma Laksana ini adalah:

  1. Program pendidikan S1 bagi korban Tsunami yang berasal dari pulau Nias. Diharapkan mereka yang sudah selesai menempuh pendidikan S1 mereka akan kembali ke kampung halamannya untuk membangun daerahnya masing-masing.
  2. Rumah singgah kesehatan di Sukun Gempol Malang, yang menyediakan pelayanan kesehatan sederhana dan gratis bagi masyarakat kurang mampu.
  3. Rumah singgah pendidikan di Sukun Gempol, yang menyediakan pendidikan informal berupa kursus pelajaran gratis bagi anak-anak dari kalangan kurang mampu, dan selain itu juga menyediakan sarana dan prasarana untuk meningkatkan ketrampilan seni bagi mereka serta melakukan upaya pembedayaan ibu-ibu di daerah tersebut dengan memberikan pelajaran memasak dan menjahit secara gratis.
  4. Rumah singgah pendidikan di Perum LPK Wagir Malang, yang menyediakan pendidikan informal berupa kursus pelajaran gratis bagi anak-anak dari kalangan kurang mampu, dan selain itu juga menyediakan sarana dan prasarana untuk meningkatkan ketrampilan seni bagi mereka.
  5. Rumah singgah pendidikan di Perum Sidorahayu Malang yang juga menyediakan pendidikan informal berupa kursus pelajaran gratis bagi anak-anak dari kalangan kurang mampu, dan selain itu juga menyediakan sarana dan prasarana untuk meningkatkan ketrampilan seni bagi mereka.
  6. Rumah singgah pendidikan di Kubu Raya – Pontianak yang menyediakan pendidikan informal berupa kursus pelajaran gratis bagi anak-anak dari kalangan kurang mampu.
  7. Rumah jompo bagi kaum miskindi Kelurahan Karangwidoro Kecamatan Dau Kabupaten Malang (sedang dalam tahap pembangunan).
  8. Pengobatan gratis secara berkeliling dari satu tempat ke tempat yang lain dengan membawa dokter dan pemberian obat-obatan secara gratis.
  9. Karya-karya sosial yang sifatnya insidentil: kampanye penyadaran lingkungan hidup dan kesehatan, kunjungan ke panti asuhan dan rumah jompo, pendampingan korban perdagangan manusia dan korban kasus-kasus lain.

Perkumpulan Darma Laksana terbuka untuk mengadakan kerjasama dengan badan-badan pemerintah maupun swastaserta lembaga swadaya masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri.