Phone
+62 341 562870

JARAK Edisi 2

JARAK Edisi 2


 

“JARAK: Jalan Rohani Akhir Pekan”

 

Apa itu JARAK?

JARAK adalah sebuah bentuk peziarahan yang diselenggarakan oleh Institut Karmel Indonesia, di mana peserta diajak untuk berjalan kaki. Titik berangkatnya adalah dari halaman Biara Karmel St. Albertus di Jl. Talang No. 3 Malang, dan tujunannya adalah Rumah Sosial Belas Kasih, di Desa Karangampel, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.  Kegiatan ini diadakan pada akhir pekan (Sabtu atau Minggu, atau bisa juga pada hari-hari libur tertentu)

Di tempat tujuan, peserta akan diajak untuk latihan rohani (meditasi, konferensi, atau bentuk-bentuk lain) dan merayakan Ekaristi bersama. Juga selama perjalanan, peserta diajak untuk berhenti sejenak di beberapa lokasi, untuk merasakan percik-percik rohani dalam alam sekitar dan dari pengalaman hidupnya sehari-hari. Setiap kegiatan JARAK akan didampingi oleh satu atau lebih Karmelit (Romo/Bruder/Frater).

 

Mengapa berjalan kaki?

Kemajuan sarana transportasi dan alat komunikasi membuat kita hidup dalam dunia yang serba cepat. Dalam ritme yang demikian, kita hampir tidak pernah punya waktu untuk melihat dan menikmati keindahan hal-hal sederhana di sekitar kita.

Dengan berjalan kaki, kita diajak untuk mengalami sebuah perjalanan batin. Ritme hidup yang lebih lambat memberikan kita kesempatan untuk berefleksi, melihat dunia dengan perspektif yang berbeda, mengenal diri dan orang lain dengan lebih baik, menikmati alam ciptaan yang seringkali terabaikan dari perhatian kita karena kesibukan kita, memilih dan memilah kembali prioritas hidup kita, dan…. dan…. dan…. akan banyak hal baru yang kita akan temukan dan pelajari setiap hari.

 

Mengapa titik berangkat dan titik tujuannya tetap dan tidak bervariasi?

JARAK bukan sekedar olahraga akhir pekan, bukan juga sebuah bentuk jalan-jalan untuk rekreasi. Dalam olah raga pagi atau jalan-jalan, kita bisa bebas memilih dan mengubah lokasi kita berkegiatan, atau mencari variasi lain kalau sudah bosan dengan yang satu.

JARAK adalah sebuah peziarahan. Kita akan memiliki lokasi tujuan yang sama. Bagaimana kalau bosan? Itu adalah bagian dari sebuah peziarahan, dari sebuah perjalanan rohani, tinggal bagaimana kita mengolah dan memaknai hal itu.

 

Apa yang harus dibawa dan dipersiapkan?

Karena kegiatan ini menuntut peserta untuk berjalan kaki, maka tentu saja pertama-tama diperlukan kondisi badan yang fit.

Hal-hal lain yang esensial antara lain:

  1. Alas kaki. Silakan peserta menggunakan alas kaki yang dirasa nyaman untuk berjalan kaki 2 – 3 jam. Bisa memakai sandal atau pun sepatu, sesuai dengan yang dirasa lebih pas oleh masing-masing peserta.
  2. Botol minum.

Hal-hal lain yang mungkin berguna:

  1. Tas, dengan model dan ukuran sesuai kebutuhan masing-masing. Bisa sekedar tas pinggang, bisa juga ransel kecil, dll. Setidaknya, cukup untuk membawa botol minum dan snack dalam perjalanan.
  2. Jika peserta merasa perlu membawa, silakan membawanya. Jika merasa tidak perlu, juga bukan masalah. Hanya perlu diketahui, bahwa kita akan berangkat pagi-pagi sekali. Jadi, barangkali ada peserta yang perlu untuk makan sesuatu pada jam-jam tertentu.
  3. Matahari akan sudah mulai naik ketika kita masih dalam perjalanan. Maka, topi bisa menjadi perlengkapan yang sangat penting dalam perjalanan kita.

Hal-hal lain akan disampaikan melalui text (WA, SMS) atau email menjelang hari H.

 

Kapan dilaksanakan?

JARAK edisi ke-2 akan dilaksanakan pada hari Minggu, 22 September 2019.

Titik berangkat adalah halaman Biara Karmel St. Albertus, Jl. Talang No. 3 Malang.

Lokasi tujuan adalah Rumah Sosial Belas Kasih, Desa Karangampel, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang (sekitar 8 km dari titik keberangkatan).

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:

  • Peserta sudah berkumpul dan siap berangkat pada hari tersebut, pada pukul 04:00 tepat.
  • Kegiatan di lokasi tujuan akan berakhir sekitar pukul 13:00 WIB.
  • Panitia mengajak peserta yang masih kuat dan berminat untuk jalan kaki, untuk kembali ke titik berangkat dengan berjalan kaki. Peserta lain yang tidak ingin berjalan kaki lagi, panitia mempersilakan masing-masing peserta mengurus sendiri transportasinya (jemputan keluarga atau taxi online). Panitia tidak menyediakan transportasi kembali dari Rumah Belas Kasih.

 

Bagaimana cara berpartisipasi?

Saudara-saudari yang ingin berpartisipasi, silakan mendaftarkan diri melalui:

  1. Toko Karmelindo, Jl. Raya Tidar 1C Malang

Senin – Sabtu, pkl. 10:00 – 20:00

Minggu, pkl. 10:00 – 16:00

atau

  1. Mengisi google-form: tiny.cc/jarakform

Dan membayar kontribusi sebesar Rp 15.000,00/peserta (untuk konsumsi) dengan cara:

  1. Tunai (pendaftaran melalui Toko Karmelindo), atau
  2. Transfer ke Rekening BCA No. 385 670 7788 a.n. Ordo Karmel Indonesia (pendaftaran melalui google-form). Mohon menuliskan dalam berita pengiriman: JARAK-2 a.n. Nama Anda. Kirim bukti pembayaran melalui WhatsApp ke nomor 082 12345 7824.

Pendaftaran dianggap sah setelah peserta mengisi formulir pendaftaran, surat pernyataan, dan membayar kontribusi.

Pendaftaran ditutup tanggal 17 September 2019, pukul 20:00.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *